Saturday 18 February 2017

CARA MENGGANTI THEME PADA SLIMS 8 AKASIA

Tags

CARA MENGGANTI THEME PADA
SLIMS 8 AKASIA

Assalamuallaikum wr.wb.

Hai bertemu lagi dengan saya disini saya akan membagikan tentang cara mengganti theme pada slims 8 akasia



A.Pengertian
Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source  



B.Latar belakang
Dengan mengganti theme pada slims kita dapat menambah jumlah pengunjung dan supaya pengunjung lebih betah dalam membaca


C.Maksud dan tujuan
Tujuan saya mengganti theme pada slims adalah mempercantik tampilan slims agar pembaca betah dalam mengunjungi perpustakaan online ini.

D.Alat dan bahan 
  1. File theme, jika belum punya download disini
  2. laptop/server yang sudah terinstall slims

E.Waktu pelaksanaan
Disini saya membutuhkan waktu kisaran 10 menit - 15 menit 

F.Tahap pelaksanaan
  1. Pertama download terlebih dahulu file themenya disini 
  2. setelah di download kita ekstrak file themenya
  3. lalu masuk terminal ketikan "sudo caja"
  4. maka akan membuka tampilan cendela baru, setela itu kita masuk ke direktory /var/www/html/slims8/template/
  5. lalu kita copykan file themenya tadi kedalam direktory /var/www/html/slims8/template/
  6. jika sudah kita buka browser lalu kita login ke slims sebagai admin
  7. jika sudah kita klik sistem > pengaturan sistem, pada template publik kita klik dan pilih template yang kita copykan tadi

  8. jika sudah kita save
  9. lalu kita cek di opac apakah sudah berubah
  10. kita juga bisa menganti gambar backgroundnya sesuai dengan yang kita inginkan,
  11. jika ingin mengganti backgroundnya kita masuk ke direktory /var/www/html/slims8/zoom/img/
  12. didalam direktory img akan terdapat (1.jpg 2.jpg 3.jpg 4.jpg 5.jpg) kita bisa menggantinya dengan gambar yang lain asalkan gambar diubah namanya seperti gambar yang sebelumnya
  13. berhasil


G.Hasil dan kesimpulan
Hasilnya saya berhasil mengganti templatenya dan saya dapat mempercantik tampilan pada slims saya agar lebih menarik pembaca


H.Referensi
  • http://slimskudus.blogspot.co.id/2016/10/template-slims-8-zoom.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Senayan_(perangkat_lunak)



Sekian dari saya bila ada salah saya mohon maaf


Wassalamuallaikum wr.wb.

 

1 comments so far

selamat pagi, boleh minta panduan tidak ya kalo saya mau pindahin database slims versi 3 ke slims akasia terbaru mungkin tidak ya? bukan upgrade seperti tutor yang ada pada pdf dokumentasi slims, biar saya bisa start library bersih langsung dr akasia


EmoticonEmoticon