Thursday 2 February 2017

INSTALL WEBMIN DI LINUX MINT

Tags

INSTALL WEBMIN DI LINUX MINT




Assalamuallaikum wr.wb

Hai bertemu lagi dengan saya disini saya akan membagikan tentang cara install webmin di linux mint


A.Pengertian
Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk Unix-seperti sistem, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows . Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL


B.Latar belakang
Webmin ini memungkinkan anda untuk mengelola sistem dari konsol jarak jauh. Jadi selain mengunakan remote access secara CLI yaitu telnet dan ssh ternyata juga dapat dipantau melalui web dan digunakan dan diatur admin melalui web browser.


C.Maksud dan tujuan
Untuk memantau kinerja server dan memantau server kita dari jarak jauh


D.Alat dan bahan
  1. koneksi internet
  2. aplikasi webmin
  3. laptop


E.Waktu pelaksanaan
Disini saya membutuhkan waktu kisaran 20 menit


F.Tahap pelaksanaan
  1. pertama kita masuk keterminal dan masuk sebagai super user
  2. lalu kita install dependency webminnya dengan perintah  apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python
  3. setelah menginstall dependencynya sekarang kita download file webminnya, kita download dengan perintah wget -c http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin_1.791_all.deb
  4. setelah itu kita install webminnya dengan perintah dpkg -i webmin_1.791_all.deb
  5. setelah kita cek dibrowser dengan perintah https://ip_server:10000


  6. setelah itu kita masukkan username dan passwordnya

  7. berhasil


G.Hasil dan kesimpulan
Hasilnya saya berhasil menginstall webminnya dan dengan webmin ini saya dapat memantau kinerja komputer dan masih banyak fitur-fitur lagi yang lainnya


H.Referensi

Sekian dari saya bila ada salah saya mohon maaf 

Wassalamuallaikum wr.wb
 


EmoticonEmoticon