Tuesday 7 February 2017

CARA MENGGANTI LOGO SLIMS 8 AKASIA MENJADI LOGO SEKOLAH

Tags

CARA MENGGANTI LOGO SLIMS 8 AKASIA
MENJADI LOGO SEKOLAH





Assalamuallaikum wr.wb

Hai bertemu lagi dengan saya disini saya akan membagikan tentang cara mengganti logo slims 8 akasia menjadi logo sekolah


A.Pengertian
Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source 


B.Latar belakang
Dengan mengganti logo kita dapat memberi pengenal pada slims kita


C.Maksud dan tujuan
Supaya kita dapat mengenali perpustakaan yang kita buat dan untuk mempercantik tampilan pada slims 8 akasia

D.Alat dan bahan
  1. Laptop/server yang sudah terinstall slims
  2. Logo sekolah
  3. koneksi internet

E.Waktu pengerjaan
Disini saya membutuhkan waktu kisaran 10 menit - 15 menit karena masih dalam tahap pembelajaran dan pemahaman


F.Tahap pelaksanaan
  1. Pertama anda sudah install slimsnya di server/laptop
  2. kita masukke terminal lalu ketikkan perintah "sudo caja"
  3. maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, sudo caja digunakan untuk pengganti super user pada terminal, maksudnya user root pada tampilan GUI
  4. lalu kita masuk ke direktori /var/www/html/slims8/template/default/img/ seperti gambar dibawah ini
  5. lalu ada simbol slims pada direktori img, kemudian kita ganti namanya menjadi "Logo.png" dengan huruf "L" besar
  6. lalu  kita copy logo sekolahnya kedalam direktori /var/www/html/slims8/template/default/img/ dan ganti namanya menjadi "logo.png"

  7. lalu kita buka slimsnya di browser
  8. berhasil



G.Hasil dan kesimpulan
Saya berhasil menganti logo slims menjadi logo sekolah saya dan dengan mengganti logo slims menjadi logo sekolah itu dapat berguna untuk memberi tanda bahwa itu pepustakaan milik kita



H.Referensi

Sekian dari saya bila ada salah saya mohon maaf 


Wassalamuallaikum wr.wb


 


EmoticonEmoticon