Friday 10 February 2017

CARA MERUBAH THEME PADA MOODLE 3.1

Tags

CARA MERUBAH THEME
PADA MOODLE 3.1



Assalamuallaikum wr.wb


hai bertemu lagi dengan saya, disini saya akan membagikan tentang cara merubah theme atau tampilan pada moodle 3.1



A.Pengertian
MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.


B.Latar belakang
Dengan megubah tampilan pada moodle, itu juga bisa menambah daya tarik para siswa untuk betah dalam mengakses moodle


C.Manfaat dan tujuan
Manfaat dan tujuannya untuk mempercantik tampilan moodle supaya banyak yang mengunjungi moodlenya dan betah dalam mengakses moodlenya.
D.Alat dan bahan
  1. theme moodle
  2. laptop / server yang terinstall moodle

E.Waktu pengerjaan
Disini saya membutuhkan waktu kisaran 10 menit - 25 menit


F.Tahap pelaksanaan
  1. Pastikan anda sudah download theme moodle nya jika belum download disini 
  2. Kemudian login ke moodle
  3. klik menu Administration > Plugin > Install Plugin  
  4. Kemudian muncul halaman seperti dibawah ini,klik Choose file atau kita bisa drag filenya ke dalam
  5. muncul jendela seperti ini kita kilk browser untuk mencari file themenya 
  6. Cari tempat dimana anda menyimpan tema yang sudah di download tadi > klik open
  7. Jika sudah kita kilk upload file
  8. Lalu klik install plugin
  9. lalu akan muncul tampilan seperti dibawah ini, kita klik continue
  10. Jika muncul tampilan seperti  dibawah ini berarti kita sudah berhasil
  11. Setelah itu klik administration > appearance > themes > theme selector
  12. jika sudah maka akan muncul tampilan seperti dibawah, kita klik change theme
  13. pilih theme yang kita masukka tadi, klik use theme
  14. jika berhasil maka akan tampilan akan berubah seperti dibawah ini
  15. berhasil

G.Hasil dan kesimpulan
Saya berhasil mengganti theme pada moodlenya dan tampilan moodle saya lebih menarik dari pada sebelumnya




H.Referensi


Sekian dari saya bila ada salah saya mohon maaf


Wassalamuallaikum wr.wb


  

1 comments so far

saya menggunakan hosting. saat instal ada tulisan database mysql (5.5.5-10.3.24-MariaDB)
must be installed and enabled
Wrong $CFG->dbtype: you need to change it in your config.php file, from 'mysql' to 'mariadb'.
apa yang harus saya lakukan. makasih


EmoticonEmoticon