Thursday 15 December 2016

CARA MEMBLOK SITUS DENGAN FILTER RULES DI FIREWALL

Tags

CARA MEMBLOKIR SITUS
DENGAN FILTER RULES DI FIREWALL
Hasil gambar untuk blokir situs lewat mikrotik


Assalamuallaikum wr.wb

Bertemu lagi dengan saya, disini saya akan membagikan tentang cara memblokir situs dengan filter rules di firewall



A.Pengertian
adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Umumnya, sebuah tembok-api diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dengan jaringan Internet.


B.Latar belakang
Untuk meningkatkan keamanan mikrotik dari pengguna yang tidak bertanggung jawab bisa digunakan salah satu fitur ini, dan untuk memblok situs yang seharusnya tidak dibuka oleh remaja dan anak-anak.


C.Maksud dan tujuan
Untuk memblok situs yang seharusnya tidak dibuka oleh para remaja dan anak-anak. 

 
D.Jangka waktu pengerjaan
Saya membutuhkan waktu kisaran 5 menit - 10 menit, karena masih dalam tahap belajar  

E.Alat dan bahan
  1. Komputer / laptop
  2. Router mikrotik (saya menggunakan rb 951 2N)
  3. kabel straight
  4. software winbox
  5. koneksi internet

F.Tahap pelaksanaan
  1. Pastikan mikrotik sudah terkoneksi dengan internet
  2. lalu pilih menu  ip > firewall
  3. kita pergi ke Layer 7 protocols
  4. klik add (+) , lalu isikan situs apa yang akan kita blok, kalau saya sekarang akan blok situs facebook, klik ok
  5. kemenu filter rule kita pilih add (+) pilih general
  6. pada option chain pilih forward
  7. lalu kita pergi ke advanced, pada option layer 7 protocol pilih situs yang kita blok tadi
  8. lalu kita pergi action, kemudian pilih drop karena jika ada yang membuka situs yang kita drop maka tidak akan bisa acses kesitus tersebut. lalu klik Ok.

  9. Selesai 



G.Hasil dan kesimpulan
Semua situs yang saya blok tidak bisa dibuka dan hasilnya saat situs dibuka hasilnya eror, dan sebagai seorang admin kita harus mengamankan jaringan kita dari seseorang yang tidak bertanggung jawab.


H.Referensi

Sekian dari saya bila ada salah saya mohon maaf


Wassalamuallaikum wr.wb.





EmoticonEmoticon