Wednesday 4 January 2017

MEMBATASI INTERNET PADA JAM KANTOR

Tags

MEMBATASI INTERNET PADA JAM KANTOR



Assalamuallaikum wr.wb


A.Pengertian
Hai bertemu lagi dengan saya disini saya akan membagikan tentang cara membatasi internet sesuai dengan jam kantor, dengan membatasiini biasa disebut sistem manajement


B.Latar belakang
Sebagai seorang administrator jaringan alangkah baiknya jika memanajement waktu penggunaan internet, agar pada jaringan kita tidak terjadinya pencurian bandwith


C.Maksud dan tujuan
Tujuannya untuk membatasi waktu koneksi internet pada jam kantor agar para karyawan bisa fokus kepekerjaan, tidak membuka situs di internet


D.Alat dan bahan
  1. koneksi internet
  2. router mikrotik
  3. laptop client

E.Waktu pelaksanaan
Disini saya membutuhkan waktu kisaran 10 menit


F.Tahap pelaksanaan
  1. pertama pastikan kita sudah setting mikrotik sampai ke hotspot
  2. setlah itu kita remote mikrotik kita
  3. setelah masuk kita pergi kemenu ip --> firewall
  4. setelah itu kita klik simbol (+)
  5. pada
    Chain ==> kita isikan forward
    out interface ==> kita isikan wlan2 interface yang digunakan client untuk terhubung kejaringan 
  6. setelah itu kita pergi ke extra, pada time kita berikan waktu jam yang akan diblock
  7. lalu kita pergi kemenu action, pada action kita ganti menjadi drop
  8. jika sudah kita klik apply --> ok
  9. lalu kita uji coba untuk internetan, hasilnya tidak bisa
  10. jika kita matikan time blockednya, kita bisa internet
  11. berhasil

G.Hasil dan kesimpulan
Hasilnya saya berhasil memblock jam kantor agar tidak dan dengan ini jaringan di kantor lebih terstruktur dan karyawan bisa fokus terhadap pekerjaannya


H.Referensi


Sekian dari saya bila ada salah saya mohon maaf

Wassalamuallaikum wr.wb
 


EmoticonEmoticon