Tuesday 10 January 2017

CARA MEMBUAT VM DI PROXMOX

Tags

CARA MEMBUAT VM (Virtual Machine)
DI PROXMOX
Hasil gambar untuk vm di proxmox

Assalamuallaikum wr.wb

bertemulagi dengan saya, disini saya akan membagikan tentang cara membuat vm di proxmox


A.Pengertian
Proxmox VE, adalah sebuah lingkungan virtualisasi server open-source. Ini adalah distribusi Linux berbasis Debian dengan RHEL kernel dimodifikasi dan memungkinkan penyebaran dan pengelolaan mesin virtual dan kontainer. Proxmox VE termasuk konsol Web dan alat baris perintah, dan menyediakan API REST untuk alat pihak ketiga 


B.Latar belakang
Karena keterbatasan jumlah perangkat kita maka kita dapat membuat VM (Virtual Machine) agar satu server dapat digunakan secara bersama
C.Maksud dan tujuan
agar dengan satu buah server kita dapat menggunakan secara bersama apabila kita kekurangan perangkat, tetapi juga tetap memperhatikan spesifikasi server kita.
D.Jangka waktu pengerjaan
saya membutuhkan waktu kisaran 10 menit - 20 menit karena dalam tahap belajar.
E.Tahap pelaksanaan
  1. pertama kita masuk ke proxmox kita dengan ip address sever kita
  2. setelah masuk kita klik create vm lalu atur namanya dan vm idnya,kalau tidak diatur juga tidak apa-apa, klik next

  3. lalu kita pilih yang pilih paling atas, untuk menginstal linuxnya, klik next

  4. pilih iso yang akan kita install, klik next

  5. pada tahap ini kita disuruh menentukan jumlah size yang akan digunakan untuk menginstall, klik next

  6. kita klik next saja
  7. disini kita disuruh menentukan besar RAM yang akan digunakan. klik next

  8. lalu kita harus menentukan VLAN Tag yang sama dengan VLAN yang kita buat, klik next.
  9. ditahap ini kita bisa mengunah konfigurasi kita setelah itu kita klik finish untuk membuat VM (Virtual Machine)


  10. selesai


G.Hasil dan kesimpulan
Hasilnya saya berhasil membuat vm di proxmox dan sekarang saya dapat menginstal beberapa sistem operasi didalam server.


H.Referensi


Sekian dari saya bila ada salah saya mohon maaf


Wassalamuallaikum wr.wb


EmoticonEmoticon