Monday 30 January 2017

INTEGRASI THUNDERBIRD DENGAN MAIL SERVER

Tags

INTEGRASI THUNDERBIRD DENGAN MAIL SERVER



Assalamuallaikum wr.wb

Hai bertemu lagi dengan saya disini saya akan membagikan tentang cara integrasi thunderbird dengan mail server


A.Pengertian
Thunderbird adalah sebuah software open source yang dikembangkan oleh  Mozilla Foundation yang digunakan utuk mengirim email antar komputer

B.Latar belakang
Aplikasi mail server itu ada banyak tidak hanya thunderbird ada juga squirrelmail, icewarp, cmailserver, dan salah satunya yang saya gunakan ini
thunderbird

C.Maksud dan tujuan
Tujuannya untuk memudahkan client dalam mengakses mail server kita

D.Waktu pelaksanaan
Disini saya membutuhkan waktu kisaran 20 menit
E.Alat dan bahan
  1. Server debian yang ssudah diinstall mail server
  2. koneksi internet
  3. aplikasi thunderbird
  4. laptop untuk meremote
F.Tahap pelaksanaan
  1. Pastikan kita sudah punya software thunderbirdnya jika belum kita download disini
  2. jika sudah pastikan kita juga sudah install mail servernya pada server kita
  3. pertama kita buka thunderbirdnya, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah, isikan nama kalian
  4. lalu klik skip this and use my existing email 
  5. maka akan muncul tampilan pengisian data mailnya
  6. pada
    Your name          : isikan nama_host yang sudah dibuat
    Email address    : iskan nama_host@nama_domain
    Password           : isikan password host yang sudah dibuat  
  7. klik continue
  8. lalu kita pilih pop3, lalu klik done
  9. maka akan muncul tanda warning, tenang saja kita cheklist pada i understan the risks, lalu klik done
  10. jika berhasil maka tampilan akan seperti gambar dibawah
  11. berhasil
G.Hasil dan kesimpulan
Hasilnya saya berhasil mengintegrasi mail server saya dengan thunderbird dan dengan thunderbird ini kita lebih mudah untuk mengirim email kepada client yang lain

H.Referensi

Sekian dari saya bila ada salah saya mohon maaf

Wassalamuallaikum wr.wb
 


EmoticonEmoticon