Thursday 5 January 2017

REMOTE LOG MIKROTIK DENGAN RSYSLOG

Tags

REMOTE LOG MIKROTIK DENGAN RSYSLOG
Assalamuallaikum wr.wb
Hai bertemu lagi dengan saya disini saya akan membagikan tentang car remote log mikrotik dengan rsyslog
A.Pengertian
B.Latar belakang
Semakin majunya teknologi kita sekarang dimudahkan dalam pemantauan jaringan kita kita bisa memantau client yang terkoneksi kejaringan kita, kita bisa melihat log client yang sedang membuka situs tertentu
C.Maksud dan tujuan 
Tujuannya kita bisa melihat log client dari laptop kita dan dengan ini jaringan kita bisa tekontrol walaupun kita pergi jauh
D.Alat dan bahan
  1. Koneksi internet
  2. router mikrotik
  3. laptop

E.Waktu pelaksanaan
Disini saya membutuhkan waktu kisaran 15 menit
F.Tahap pelaksanaan
  1. pertama kita pastikan router mikrotik kita sudah terkoneksi dengan internet
  2. kemudian kita remote mikrotik kita 
  3. setelah itu kita pergi ke menu system --> logging --> action --> lalu kita klik simbol (+)
  4. pada
    type ==> kita pilih remote
    Remote address ==> kita berikan ip client yang terhubung kemikrotik
    Remote port ==> 514
  5. kita klik apply --> lalu ok
  6. lalu kita pergi kemenu rule lalu kita klik simbol (+)
  7. lalu kita konfigurasi seperti gamabar dibawah ini. jika sudah kita klik apply --> ok
  8. lalu kita install rsyslognya dengan perintah "apt-get install rsyslog"
  9. lalu kita konfigurasi dengan perintah "nano /etc/rsyslog.conf"
  10. lalu kita konfigurasi dengan menghilangkan tanda (#) pada 
  11. module(load="imudp")
    input(type="imudp" port="514")

  12. kita save dengan menekan ctrl + O --> lalu enter
  13. lalu pada bagian paling bawah kita tambahkan perintah ":fromhost-ip,isequal,"ip gateeway hotspot" /var/log/mikrotik1.log"
  14. lalu kita restart rsyslognya dengan perintah "/etc/init.d/rsyslog restart"
  15. lalu kita cek log client dengan perintah "tail -f /var/log/mikrotik1.log
  16. berhasil
G.Hasil dan kesimpulan
Hasilnya saya bisa meremote log mikrotik saya dari laptop dan dengan ini kita bisa lebih mudah memantau client kita
H.Referensi
Sekian dari saya bila ada salah saya mohon maaf
Wassalamuallaikum wr.wb
 


EmoticonEmoticon