Friday 25 November 2016

MEMBUAT COMMAND ALIAS PADA LINUX MINT

MEMBUAT COMMAND ALIAS PADA LINUX MINT



Assalamuallaikum wr.wb

Hai bertemu lagi dengan saya disini saya akan membagikan tentang cara membuat command alias pada linux mint


A.Pengertian
Dalam komputasi , alias merupakan perintah di berbagai interpreter baris perintah ( kerang ) seperti Unix kerang , 4DOS / 4NT dan Windows PowerShell , yang memungkinkan penggantian kata dengan string lainnya. Hal ini terutama digunakan untuk menyingkat perintah sistem, atau untuk menambahkan argumen default untuk perintah teratur digunakan. Fungsi aliasing dalam MS-DOS dan Microsoft Windows sistem operasi disediakan oleh doskey utilitas baris perintah.


B.Latar belakang 
Pada sistem operasi linux kita dapat mengubah maupun menambah fitur yang ada salah satunya command alias ini, kita dapat menambahkan command alias pada sistem operasi linux


C.Maksud dan tujuan
Tujuannya memudahkan kita dalam mengingat perintah dalam linux, tetpi ada sisi kelemahannya yaitu kita tidak mengetahui command yang aslinya


D.Alat dan bahan
  1. Niat dan usaha
  2. Laptop

E.Waktu pelaksanaan
Disini saya membutuhkan waktu kisaran 10 menit



F.Tahap pelaksanaan
  1. pertama kita masuk ke terminal dan masuk sebagai super user
  2. lalu kita edit ke direktori bash.bashrc dengan perintah "nano /etc/bash.bashrc"
  3. lalu kita tambahkan perintah alias command baru='command lama' contoh alias pink='ping 8.8.8.8' lalu kita save dengan menekan ctrl + O --> lalu enter
  4. lalu kita exit teriminal kita lalu kita masuk lagi ke terminal
  5. lalu kita coba alias yang kita buat tadi

  6. berhasil

G.Hasil dan kesimpulan
Hasilnya saya bisa menambahkan command alias ini dan dengan ini kita lebih mudah dalam mengingat perintah pada terminal


H.Referensi

Sekian dari saya bila ada salah saya mohon maaf

Wassalamuallaikum wr.wb  


EmoticonEmoticon